Kamis, 28 November 2019

Aplikasi Noveltoon, adiknya Mangatoon


Yosh! Balik lagi nih sama Shan! Ada yang kangen gak? Hehe….
So… spesial di bulan ini Shan bakal ngebahas soal salah satu aplikasi yang menyediakan fitur membaca cerita sekaligus menulis cerita.
Ini dia…. Noveltoon! !!!!




Hm… pasti kalian asing mendengar aplikasi ini, yup! Noveltoon sendiri adalah aplikasi yang baru terbit tahun ini. Noveltoon memiliki warna logo biru, berbeda dengan kakaknya Mangatoon yang memiliki warna merah.

Noveltoon design-nya juga tidak berbeda dengan desaign logo mangatoon. Bagian OO membentuk kacamata.

Apasih bedanya Noveltoon dengan aplikasi cerita lainnya?

Nah di Noveltoon kita bisa membuat dua jenis cerita nih, satu cerita yang bentuknya teks, kayak novel atau cerpen umum. Dan story berbentu chat!

Whoa…. Kayak gabungan wattpad ama tap dong?

Hm… secara garis beras gitu sih, namun tetap saja Noveltoon memiliki fitur-fitur yang berbeda.



(Ini lagi signal jelek jadi loading gambarnya lama) 



Oke pertama-tama Shan ngebahas soal how to make an account in this application.

Pertama Tentu saja mendownload aplikasinya di google play atau layanan lainnya.
Kedua, buka deh aplikasnya. 


Tampilan awal Noveltoon menunjukkan halaman awal seperti biasa seolah-olah kita sudah log in ke dalam aplikasi serta tidak ada permintaan log in ataupun sign up. Jadi untuk melakukan Sign Up (pendaftaran) atau Sign in (masuk) kita perlu menekan tombol orang di bagian pojok bawah.



Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini, klik bagian gambar orang/profilnya.

Maka akan muncul tampilan log in, klik saja bagian sign up/pendaftaran di bagian bawah.




Masukkan data-data yang diperlukan untuk membuat akun di dalam aplikasi Noveltoon.

Oke selesai deh! Nanti kalian akan mendapatkan ID. Jadi berbeda dengan aplikasi lainnya. Noveltoon tidak menggunakan fitur ‘membuat username sendiri’ melainkan sudah diberikan username. Namun kita masih bisa mengubah display name milik kita. Contohnya Shan, hehe… dari anonym jadi Logiana.

Hm… sebenernya Shan lagi nyoba-nyoba nih beberapa aplikasi yang sepertinya dapat membawa Shan menjauh dari kejenuhan. Yah… itung-itung juga buat cari pengalaman baru di tempat baru.
Ukuran aplikasi ini gak terlalu gede seperti kakaknya, namun enggak kecil-kecil amat. Ya… ukuran normal lah.

Untuk mengakses Noveltoon kita perlu yang namanya internat atau kuota, tanpa dua hal tersebut kita tidak bisa untuk mengakses Noveltooon beserta isinya.

Nah, di Noveltoon terdapat sistem poin, ada fitur poin yang akan memberikan kita misi agar mendapatkan poin. Poin tersebut dapat digunakan untuk membuka cerita.

Untuk Misinya, waktu pertama kali install, Shan mendapatkan empat buah misi. Gak susah-susah amat. Cukup online selama 10 menit, 20 menit atau membaca cerita sampai 10 menit lebih.

Maka kita akan mendapatkan poin, dan tentu saja bisa diambil.

Untuk membaca cerita secara gratis, kita perlu untuk mendowload/mengunduh cerita tersebut dengan mengklik ikon di pojok kanan atas. Setelah itu dipilih episode mana yang mau kita unduh.



Lalu otomatis cerita yang kita unduh akan masuk dan dapat dibaca secara offline. Selain itu terdapat juga fitur cerita yang terakhir kitabaca (secara online) dan juga cerita yang kita favoritin.

Hm… dan tau gak sih, apa yang membedakan Noveltoon dengan aplikasi lainnya?

Kita juga dapat memberi rating bagi cerita yang kitabaca, lalu kita juga dapat memberikan tip kepada penulisnya, yah walau sebenernya sih harganya lumayan menguras dompet milik Shan.



Kita juga dapat mengubah warna latar cerita yang kit abaca serta dapat memperbesar ataupun memperkecil huruf yang ada.

Lalu juga terdapat peringatan untuk beberapa part yang mengandung konten khusus.



Di Noveltoon genre yang ditawarkan tidak sebanyak genre yang ada di storial (salah satu aplikasi sejenis yang kukenal). Hanya ada beberapa genre yaitu romantic, kampus, contest, fantasi, action, komedi, petualangan, misteri, horror, supernatural, school challenge, sci-fic, timetravel, unscheduled, contributor, tamat, terpopuler, terbaru. Yah walau tiga terakhir tidak masuk ke dalam golongan genre secara teoritis, namun di noveltoon itulah pembagiannya ketika kamu mengklik bagian genre.


Oke setelah ngomonggin soal baca cerita lanjut ke segmen bagaimana cara membuat cerita di Noveltoon?

Baiklah yang pertama, cara membuat cerita konvensional (cerita umum)
Klik bagian ikon membuat cerita yang berada di bawah yang bertuliskan Naskah. Setelah itu  dimasukkan data-data yang perlu yaitu judul, bahasa, genre, deskripsi, nama author (ini otomatis), email (ini otomatis), dan whatsapp (kalau ada).

Lalu dipilih tipe novel yaitu normal atau chatstory

Lalu konfirmasi bahwa novel tersebut adalah original dan juga diisi kolom tanda tangan. Kolom tanda tangan diisi dengan nama lengkap atau nama pengguna.






Setelah itu kita masuk ke dalam segmen kover, kita bisa mengunggah gambar dari dalam handphone milik kita.



Untuk cerita berbasis Chat, kita akan disuguhkan halamn dimana terdapat pengaturan/pengelolaan peran, dimana kita mengisi data seperti foto dan nama. Kita dapat menggunakan foto/gambar yang telah disediakan aplikasi atau mengambil sendiri dari gambar yang ada di galeri hp.



Nah lalu masuk ke dalam pembuatan cerita basis chat. Perhatikan bagian bawah, terdapat gambar ASIDE, dan tokoh yang kita miliki. Jika kita ingin menulis pesan atau mengirim gambar dari salah satu tokoh, kita klik gambar tokoh yang kita inginkan lalu kita ketik pesannya. Fitur ASIDE berguna sebagai keterangan waktu atau tempat atau tindakan yang diambil oleh tokoh.



Setelah selesai tinggal klik tomboh selanjutnya lalu muncullah bagian judul episode, tinggal kita isi dan klik ok.





Lalu akan muncul page serahkan dan klik serahkan.



Nah untuk tampilan storychat hampir sama dengan aplikasi storychat yang pernah kita bahas. Kita tinggal klik bagian yang kosong pada layar, dan akan ditampilkan chat antar tokoh yang ada.


Oh ya, kalau kita sudah mengupload cerita, maka akan ada notifikasi dari pihak noveltoon bahwa kita telah menerbitkan satu karya.



Nah untuk membuat novel biasa, sama seperti membuat storychat, hanya saja setelah kita mengklik membuat Novelku kita akan kembali ke halaman awal pembuatan naskah. Kita klik judul novel biasa yang kita akan buat.


Setekah itu klik tambahkan episode, nanti kita akan dibawa ke halaman dimana kita dapat membuat cerita, fitur yang ada yaitu gambar, penebal kata, dan miring. Nah setelah mengetik kita bisa klik ikon keyboard yang ada di samping ikon I (italic) yang dapat menghilangkan fitur keyboard sehingga kita bisa membaca ulang naskah kita.

Setelah itu kita klik selanjutnya dan klik Serahkan, btw kita bisa melihat jumlah kata yang telah kita buat. Dan ngomong-ngomong kalau konten yang kita buat terlalu pendek maka kita tidak dapat menyerahkan naskah tersebut.



Nah… begitulah cara membuat story di Noveltoon. Oh ya btw ngomongin soal cerita di noveltoon Shan lebih banyak nemu yang bergenre romansa yang berlatar rumah tangga/keluarga/Young adult. Sangat sulit untuk menemukan genre selain itu, apalagi teenfict. Cerita yang populer disana kebanyakan young adult berbalut romansa. Mungkin ya, yang aktif di Noveltoon lebih banyak dewasa mudanya kali ya? Makanya cerita disana berlatar belakang orang yang udah bekerja?
Yah meskipun begitu Shan juga menikmati beberapa cerita disana, lumayan bagus dan agak menegangkan. Meski Shan belum nemu cerita yang bener-bener tamat.





Apakah kalian tertarik dengan Noveltoon? Apakaha Noveltoon akan meraih popularitas lebih dibanding dengan senior-seniornya dan tentu saja kakak tercinta alias Mangatoon?


Let’s See!






Artikel dari Shan, bocah yang lagi berdoa supaya di acc teruz




Pembaharuan per 26/4 16


Yosh! berdasarkan pertanyaan yang ditanyakan di komentar Shan bakal jawab sebisanya dulu UwU. 


1. Cara menghapus bab yang terlanjur/sudah di download

caranya gampang jadi....

pertama-tama buka novel/cerita yang kamu download, lalu klik bagian kanan atas tepatnya pada tulisan sunting


Lalu setelah itu kamu centang bagian bab yang ingin kamu hapus lalu klik pilihan hapus yang ada di pojok kanan bawah


Bab cerita yang kamu tidak inginkan pun terhapus :)


2. Cara Follow Author

Oke pertama-tama kamu klik ceritanya





(Ikon authornya tertutupi jadi pakek 2 screenshoot agar lebih jelas) 


Lalu kamu klik ikon/gambar dari si penulis/aurhor, nanti kamu akan dibawa ke halaman profil si author, contoh gambar profil bisa dilihat di bawah




Nah untuk mengikuti tinggal klik pilihan mengikuti yang ada di bagian sisi kanan, dengan tulisan berwarna biru. 




3. Kenapa updatenya lama?


Nah, di noveltoon itu ada yang namanya sistem moderiasi atau bisa dibilang tahap penilian. Tiap part atau bagian cerita yang dikirim akan masuk ke dalam meja kerja noveltoon untuk dilihat kelayakan dari cerita yang ada. 

Jadi di noveltoon itu ada yang namanya sistem sensor. Kata-kata yang berbau vulgar atau kasar atau kurang etis akan di sensor seperti ini. bangsat = b*ng*t

Noveltoon juga menjaga yang namanya etika guys, jadi disini akan lebih susah untuk mendapati cerita kurang pantas yang kadang suka bersliweran di platform lain.

Durasi/waktu tahap Moderasi ini bisa panjang atau pendek tergantung dengan banyaknya cerita yang masuk ke meja moderasi atau panjangnya cerita yang telah kamu kirim. Jadi jangan berkecil hati kalau ceritamu belum di up oleh pihak noveltoon padahal kamu sudah mengirimnya 1 minggu yang lalu. 


(BTW aku dah pernah pengalaman di meja moderasi, ceritaku baru lolos moderasi 6 bulan kemudian, itu terjadi di salah satu platform lain, sampai-sampai aku lupa pernah ngirim karya disana) 

159 komentar:

  1. Klo cara menambahkan audio di cerita gimana ka??

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kurang tau sih, belum sempet nyoba.

      Hapus
    2. Hrs jadi penulis kontrak dlu

      Hapus
    3. Pilih akun, terus cari rekamanku, ikut seleksi rekaman dulu kalau udah direvisi bisa jadi dubber novel lainnya dan menghasil kan koin kak

      Hapus
    4. Ini kamu bikin CS kan?? Kalo CS gampang Tinggal Klik aja Lambang Mic di samping Kolom Teks Trs Rekaman Deh, Masalah Kalo Pakek Itu Agak Gimana Gitu Suaranya Soalnya Hasil Rekaman kek Suara Radio Terutama kalo Audio Berupa Rekaman Lagu(mp3) gak bisa jernih suaranya.

      Hapus
  2. Kalo cara menghapus karya novel yang udah terlanjur ke up gimana kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di mangatoon dan noveltoon. Belum ada fitur untuk mengubah nama pena dan menghapus novel yang telah di up kak.
      (Bukan promo) kalo wattpad bisa kak

      Hapus
    2. klik bagian naskah, lalu klik judulnovel yang ingin di hapus, lalu akan muncul tampilan detil cerita , scrol ke bawah dimana ada tampilan episod naskah, klik tiga titik yang ada di bagian kanan dari tiap episod disana ada pilihan hapus episod

      Hapus
    3. Sebelumnya aku penulis di Noveltoon dan beralih ke platform lain.

      Di sana ngga bisa hapus bab yang sudah diupload :(
      Kalau pun yang di naskah terus klik tiga titik tersebut untuk menghapus episode, episodenya akan terhapus di naskah penulis tapi episode itu tetap tercantum di noveltoon.
      Jadi tetep ngga bisa dihapus episodenya dari peredaran di noveltoon.

      Agak kesal juga sih karena ngga ada fitus hapusnya. :(
      Jadi sekali upload ngga bakal bisa dihapus :(

      Hapus
    4. Manggatoon adalh platform yg sangat ketat dan mengikat

      Hapus
    5. Bisa di hapus kok cara nya kamu tinggal ke google seacrh mangatoon trus kamu klik sab kamu login terlebih dhlu nah pas udah login kamu ke publikasi karya nah disitu bakal ada novel yg kita buat abis itu klil novel yg di inginkan nnti muncul semua bab disitu ada yg nama nya hapus jdi klo mau hps bab lewat google

      Hapus
    6. Bagaimana ngembalikan bab yang kita hapus dari detail/ sunting. Agar kembali lagi tetap di detail / sunting
      Mohon di jawab πŸ™

      Hapus
  3. Kak gimana caranya nge follback dan nambah pengikut? Maklum masih pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di akun ada tulisan mengikuti atau pengikut nah, kalau mau follback orang tinggal pencet "ikuti" nanti kalau saling follback tandanya berubah jadi anak panah yg saling berlawanan (saling follow)

      Hapus
  4. Kak novelku lama banget proses reviewnya. Kenapa ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin masih di rivew tapi kalo novel saya paling lama proses nya itu 3 haru

      Hapus
    2. Menurut saya, kamu terlalu lama nulisnya. Kadang sy juga gitu.

      Hapus
    3. Mendingan langsung tanya qna sama noveltoon nya, cepet di jawabnya kok paling sehari

      Hapus
    4. Caranya gmn?
      Nanya dimana?

      Hapus
  5. Kak novelku lama banget proses reviewnya. Kenapa ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang seperti itu kak, nanti juga bisa publikasikan, harus nunggu beberapa jam dulu baru bisa dilihat dan dibaca oleh orang lain

      Hapus
  6. Bisakah noveltoon diunduh ke laptop?
    Hape saya ga bakalan muat unduh aplikasi ini

    BalasHapus
  7. Bisakah noveltoon diunduh ke laptop?
    Hape saya ga bakalan muat unduh aplikasi ini

    BalasHapus
  8. kaak.. aplikasinya di playstore kok gk ada kaak...

    BalasHapus
  9. kaak.. aplikasinya di playstore kok gk ada kaak...

    BalasHapus
  10. kaak.. aplikasinya di playstore kok gk ada kaak...

    BalasHapus
  11. Akak, biasanya jumlah kata minimal berapa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya sih 500 kata klo aku karena pernah buat 300 kata tapi di suruh buat minimal 500 kata

      Hapus
    2. Bantu jawab. Aturan terbaru, novel umum 1000-2000 kata. Sedangkan chat story 500 kata.

      Hapus
    3. Itu perchapter atau pernovel kak?

      Hapus
    4. Per chapter, jadi satu bab itu kata yang diarekomendasikan 1000-2000 kata

      Hapus
    5. Bgaimna caranya baca chat story?

      Hapus
    6. Kak gimana cara buat grup chat noveltoon ?

      Hapus
  12. Baca juga ceritaku "Alice dan Buku Dongeng", terina kasih

    BalasHapus
  13. Kak .. gimana cara merubah chat story mennjadi normal story misalkan sudah terlanjur mengetik di chat story???

    BalasHapus
  14. Ikon api itu artinya apaan kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab. Klw gak salah, itu popularitas penulis. Yaitu gabungan dari jumlah cerita kita yang ditambahkan ke favorit oleh pembaca & juga jumlah pembaca cerita kita.

      Hapus
    2. Ikon api ku udh ada tulisan 35,berarti itu ada yg bacaan, tp knp pas aku liat di bagian edit yg baca masih 0?

      Hapus
    3. Kak ngomong" nulis disini bisa gk ya bukunya dilirik penetbit atau diterbitin?

      Hapus
    4. Bisa banget dong. Sekarang aja Noveltoon baru baru aja nerbitin banyak buku

      Hapus
    5. Caranya nerbitin karya di noveltoon gmn ya
      Aku jadi penulis baru, jadi masih butuh banyak arahan
      Terima kasih

      Hapus
  15. Kak itu ada menghasilkan uang gak?hehe ya maaf manatau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab ya
      Bisa menghasilkan uang kok, asalkan dikontrak dulu sama noveltoon/mangatoon. Itu pun minimal udah ketik 20ribu kata atau 20 bab
      Nah kalo udah di kontrak, kita dapet pendapatan dari jumlah pembaca. Semakin banyak yang baca semakin banyak uang yang bisa kita dapetin
      Tapi ada minimal penarikan, saldo minimal untuk ditarik ke akun bank kita adalah 1.4jt
      Gitu sii setauku

      Hapus
  16. Cara hapus akun noveltoon gimana, ya?

    BalasHapus
  17. Kak gimana cara mempublikasikan novel kita agar banyak yang baca

    BalasHapus
  18. Aku buat novel di aplikasi noveltoon tapi grup chat gak muncul kayak punya yang lainnya, ada yang tahu kenapa?

    BalasHapus
  19. Aku hapus cerita saya,di naskah sudah hilang... Tapi di episode profil kok masih ada ya.. Bisa bantu jawab??

    BalasHapus
  20. Gimana cara buka komentar di noveltoon ya ka??

    Trims

    BalasHapus
  21. Kak gimana cara kirim tauta digrup biar menarik orang untuk baca sih sebenernya itung-itung iklan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab. Kamu klik karyamu dulu abis itu klik 'share' di bagian pojok kiri bawah. Biasanya di bawah sinopsis/komentar. Maaf kalo salah

      Hapus
    2. Aku senang ada yang saling tanya jawab dan diskusi, makasi ^^

      Hapus
    3. Ka aku dah nge hapus karya saya di naskah terus kenspa di profil masih ada gimana tu ka tolong jawab dong

      Hapus
  22. Bagaimana cara mendapatkan link cerita kita?

    BalasHapus
  23. Kak kita kan udah buat tu kan ceritanya terus kita tekan lanjut lalu ada pengisian buat authot kan lalu kok ngak bisa lagi.
    Yang Kata serahkan di bawanya kok ngak bisa di pencet si Kak.
    Maaf ya Kak nanyanya panjang maklum masih pemula dan ini cerita pertamaku.

    BalasHapus
  24. Mau tanyak dong . Pas di bulan mei pemasukan nambah tapi Kenapa pas di bulan juni pemasukan gak ada nambah ya padalan di bulan juni lebih banyak yang baca di bandingkan bulan mei?
    Mohon info nya dong πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di cek ulang mungkin dia error atau semacamnya

      Hapus
  25. Kak ganti profile ceritanya kok nga maok ya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama,saya juga udah gak bisa ganti padahal pengen pake sampul lain yang dah di edit

      Hapus
  26. cara baca novel menggunakan poin gmn kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau :) soalnya belum pernah baca pakek koin.

      Hapus
    2. Biasanya ada cerita yang di kunci oleh author nya, buat buka cerita itu bisa menggunakan point.

      Nah point itu bisa di dapat kan dengan membaca novel toon/ manga toon biasa nya 10 menit itu 10/15 point, atau bisa juga dengan menonton iklan

      Hapus
  27. Klw cara buat gc sendiri di noveltoonnya,kaya gimana ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo nggak salah harus jadi penulis kontrak dulu

      Hapus
    2. Kalau gak salah di undian berhadiah itu ada hadiah untuk membuat GC, saya gak tau cara lain nya

      Hapus
  28. Bisa dijelaskan gk apa maskudnya waktu terbit gak boleh lebih kecil dari eps sebelumnya dan lebih besar dari eps setelahnya. Ak masih bingung di situ..maksudnya tgl terbit atau jumlah kata nya ya.. Mohon bantuanya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya ceritaku gak up up juga, pdhal biasanya review nya cepat. Ini koq tumben lama gk muncul"

      Hapus
    2. Itu maksudnya tangal terbitnya kk klo jumlah kata min 500 kata

      Hapus
    3. Itu maksudnya tangal terbitnya kk klo jumlah kata min 500 kata

      Hapus
  29. Kak,gimana cara menghapus novel atau chat story yang udah terlanjur dibikin kak?soalnya itu salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga bisa Kak
      Gak ada fitus hapus di noveltoon :(

      Hapus
  30. kak... di noveltoon kalo ada lomba itu dibayar nggak kak?

    BalasHapus
  31. Kak gimna cara promosiin cerita kita selain lewat sosmed..

    BalasHapus
  32. Kk gimana caranya kalo author ingin buat grup...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih kak gimana cara buat grupchatt sama author

      Dibantu ya kak

      Hapus
    2. Iya nih kak gimana cara buat grupchatt sama author

      Dibantu ya kak

      Hapus
  33. Saya ingin mengubah nama pena saya yang awalnya Iah ingin menjadi ⚘��Adel*Delia��⚘

    BalasHapus
  34. Kak, saya sudah menyunting novel saya karena letak paragraf yang kurang bagus. Katanya, pembaruan berhasil, tapi pas saya cek lagi di bagian search kok belum juga berubah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pastinya tidak tau kak. Tapi menurut pribadi sepertinya di moderasi oleh pihak noveltoon. Karena setiap update harus di moderasi dulu oleh pihak webtoon ^^

      Hapus
  35. Permisi kak, kak gimana cara nerbitin novel yg per bab atau perepisodenya, saya kurang ngerti sama buat tanggal penerbitannya,apa lagi katanya tanggal terbit tidak boleh lebih kecil dari episode sebelumnya dan tidak boleh lebih besar dari episode selanjutnya,itu mksdnya gimna ya kak?, soalnya saya author baru.

    BalasHapus
  36. Permisi kak, kak saya author baru nih di noveltoon dan saya bingung apa maksud dari tanggal penerbitan tidak boleh lebih kecil dari episode sebelumnya dan tidak boleh lebih kecil dari episode selanjutnya, itu mksdnya gimna ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanggal penerbitan itu adalah waktu yang kita pilih untuk mempublikasikan chapter yang sudah kita tulis .
      Misalan episode 3 sudah di set 22032021 00.00 , maka untuk episode 4 itu waktu penerbitan harus lebih dari waktu penerbitan episode 3 . Tidak akan bisa diterbitkan apabila waktunya 21032021 59.59 , dan harus lebih misalkan 22032021 00.01 dan seterusnya

      Hapus
  37. Kak, gimana caranya bikin grup kayak yang lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kurang tau karena saya sendiri nggak punya grup hehe ^^

      Hapus
  38. Rekomendasi Novel yang sangat bagus untukmu, October 20, di sini dapat lihat: http://h5.mangatoon.mobi/contents/detail?id=112945&_language=id&_app_id=2

    BalasHapus
  39. Kak terus kalo mau buat grup gimana

    BalasHapus
  40. Aku mau rekomendasiin novel romance yang bagus dan penuh intrik nih linknya https://mangatoon.mobi/id/detail/484653

    BalasHapus
  41. MasyaAllah novel saya di jadiin contohπŸ™πŸ™πŸ€—πŸ€—

    BalasHapus
  42. Temans ... tlg bantu info bgm melihat riwayat novel yg sdh pernah saya baca krn td mlm sy tdk sengaja tekan back shg lost info novel yg sdg sy baca ... sy lupa judul novel dan authornya

    BalasHapus
  43. temans ... sy kehilangan info utk menyelesaikan baca novel yang tokohnya azka, nagita, deana, damar, dimas (kk nagita), novi (ibu azka), naura (adik azka) ... sy lupa judul novel dan penulisnya ... ada yg tahu judul novel tsn di noveltoon? ... ditunggu ya ... trm ksh sblmnya :)

    BalasHapus
  44. Temans ... tlg bantu info bgm melihat riwayat novel yg sdh pernah saya baca di noveltoon krn td mlm sy tdk sengaja tekan back shg lost info novel yg sdg sy baca ... sy lupa judul novel dan authornya

    BalasHapus
  45. Kak gimana caranya membalas komentar dan melihat komentar kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kamu author kamu bisa lihat di gambar pena nanti di sana ada popularitas, komentar, pemasukan, sama tips.

      Kalau hanya sebagai reader kamu tinggal ketik ikon komentar.

      Dan jika ingin membalas kamu bisa ketik komentar yg ingin kamu balas

      Hapus
  46. Rekomendasi Novel yang sangat bagus untukmu, The Angel Of Demons, di sini dapat lihat: http://h5.mangatoon.mobi/contents/detail?id=519797&_language=id&_app_id=2


    Mungkin suka🀣🀣🀣 kawan

    BalasHapus
  47. Aku masih bingung dengan GC karena, banyak banget istilah tikung menikung poin dan kotak hadiah. Aku gK ngerti, mau nanya di grup langsung kayaknya ngerusak suasana bgt. Ada yang bisa jelasin gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi, poinnya berharga. Bisa buat apa gitu aku lupa.

      Hapus
    2. Point itu banyak kegunaan nya bisa buat buka cerita yg di konci, ada beberapa stiker yg bisa di pakai dengan menggunakan point dan banyak lg.

      Hapus
  48. Kak gimana sih cara buat grup di noveltoon?

    BalasHapus
  49. Cara menghapus cerita milik kita bagaimana ya?😭😭

    BalasHapus
  50. Kak,cara supaya bisa promosi karya kita kayak orang orang di kolom komentar gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda tinggal berkomentar di kolom cerita yg anda baca

      Anda bisa mengetik seperti " mampir di cerita aku ya kak judul nya ....."

      Hapus
  51. Kak, cerita aku udah lulus tahap review. Tapi kok masih ada tulisan waktu terbit itu apa ya kak? Apa harus nunggu lagi?

    BalasHapus
  52. Kak, izin tanya... Gimana caranya batalin kontrak sama noveltoon? Aku mau tarik naskahku di sana tp syng nya udah kontrak... Gimana ya caranya biar bisa dibatalin kontraknya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga yang jadi masalah saya. Tidak hanya hapus karya, mau hapus akun sekalian juga. Tapi gak tau caranya.

      Hapus
  53. Mampir yuk ke judul : 2 Yang Mulia

    BalasHapus
  54. Saya sering melihat di ava orang sering terdapat tembok hadiah itu di dapat kan nya dari mana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tembok hadiah itu bisa kamu dapatkan di audio room. Tapi audio room nya khusus apk mangatoon

      Hapus
  55. Kak aku udah lulus tahap awal kontrak tapi setelah itu gk pernah ada kabar lagi. Itu gimana kak???

    BalasHapus
  56. Bisa di jelaskan waktu terbit itu apa?saya mau update bab 2 ko ke simpan terus di dratf

    BalasHapus
  57. Bisa di jelaskan waktu terbit itu apa?saya mau update bab 2 ko ke simpan terus di dratf

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu terbit itu misalnya kakak merubah kapan bab itu akan di publikasikan.

      Hapus
  58. Ka gimana sih merubah cover novel aku d novel toon ko ga berubah berubah ya

    BalasHapus
  59. Karya sy aja diapus sama pihak MTnya. Gara2 mengandung pornografiπŸ”₯

    BalasHapus
  60. Kak gimana cara buat grub chat di apk noveltoon

    BalasHapus
  61. Kak, cerita wp saya ditawarin kontrak sm editor noveltoon. Dan..masalahnya saya gak paham kelanjutannya nanti gmana, mohon bantuannyaπŸ™

    BalasHapus
  62. Kak gimana caranya bikin grup chat di aplikasi Mangatoon kak?

    BalasHapus
  63. Cara menghapus episode gimana KK?

    BalasHapus
  64. Kakk klo gc atau pc akan kehapus permanen dlm waktu brp lama?

    BalasHapus
  65. Kak, kalau nulis cerpen di Noveltoon dapat uang gak?

    BalasHapus
  66. Kalau mengisi wahtsapp apa yang harus di tulis

    BalasHapus
  67. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  68. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  69. Kak, kalo di noveltoon part nya bisa dikunci gak?

    BalasHapus
  70. Kak, kalo di noveltoon part nya bisa dikunci gak?

    BalasHapus
  71. Kak, kalo di noveltoon part nya bisa dikunci gak?

    BalasHapus
  72. Cara buat grup di NT gimana yah?

    BalasHapus
  73. Cara buat grup di noveltoon gimana kak??????

    BalasHapus
  74. Kak mau tanya, aku kan punya novel nih di noveltoon ceritanya tuh yg storychat kayak gitu, nah di bagian atas novelnya ada simbol nomor 3, itu artinya apaan yah?

    BalasHapus
  75. Kak kenapa novel cover sampul aku ga ada foto nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, aku bantu jawab ya. Aku pernah kayak gitu dan kalau aku karna masalah dengan ukuran sampulnya, jadi perhatikan juga ya ukurannya udah sesuai dengan ketentuan atau belom, semoga membantu:)

      Hapus
  76. Mohon di bantu bab pertama saya menghilang di noveltoon ga tau kehapus ga tau kenapa?

    BalasHapus
  77. Gimana cara ngembaliin bab pertama atou chapter pertama. Aku jadi bingung kalo ga ada chapter pertama novel ku jadi GX nyambung. Mohon di bantu

    BalasHapus
  78. Bab pertama aku menghilang,ga tau kehapus pas ngebleng hp. Ga tau gimana.. bantu aku ngembaliin bab pertama yang menghilang yang sudah susah aku buat.. tolong bantu aku. Siapa ajha

    BalasHapus
  79. Karna chapter pertama menghilang,chapter kedua jadi pertama.. ujung jadi ga nyambung. Chapter pertamanya ga ada . Bantu aku ngembaliin chapter pertama

    BalasHapus
  80. Kak yang dimaksut wastapp itu gimana??harus masukin nomor atau apa,trs kalu iya dimasukin nomor nanti dapet blokiran gk dari wa nya tlng kak bantu jawab soalnya aku baru mau jadi autho
    r

    BalasHapus
  81. Kak cara supaya banyak yang baca gimana ya?

    Btw jangan lupa baca novelku yang berjudul "Menikah Di Atas Perjanjian"

    BalasHapus
  82. Kak novelku kemarin kan dah lulus riview.. Tapi kok tiba tiba di riview lagi kenapa ya kak

    BalasHapus
  83. Kak kan aku baru nulis di noveltoon jadi ga begitu paham. Nah buat dapetin Rp.1000 tuh viewers harus berapa ya? Terus itu lambang seperti platinum itu gunanya buat apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai aku bantu jawab ya, kebetulan aku juga jadi author di noveltoon. Setauku buat dapetin uang itu harus di kontrak lebi dulu, setelahnya pendapatan itu tergantung dari level ranking. Kalau ranking 10 setauku itu level paling tinggi jadi akan lebih mendapatkan pendapatan. Untuk lambang platinum itu berdasarkan ranking, semoga membantu:)

      Hapus
  84. Kak kalau cara mengembalikan episode yang tdk sengaja terhapus bagaimana yah?

    BalasHapus
  85. Kak,aku kemaren update novel,tapi semenjak aplikasi Noveltoon di perbarui,riviewnya lama banget,biasanya cuman 1 jam,ini sampai berhari hari,kenapa ya kak?

    BalasHapus
  86. ini cara ngisi WhatsAppnya bagaimana ya di noveltoon kok memusingkan

    BalasHapus
  87. Kak cara promosi nya bagaimana biar karya nya populer. Mohon bantuannya soalnya baru pertama bikin karya. Terima kasih

    BalasHapus
  88. Kak klo cerita yg udh kita baca ... busa dihapus gk di rak buku?? Truss caranyaaa gmna??

    BalasHapus
  89. Kak, jumlah view pada mynovel di profil itu adalah jumlah pembaca atau banyaknya kita baca novel itu berkali2?

    BalasHapus
  90. Bagaimana ngembalikan bab yang kita hapus dari detail/ sunting. Agar kembali lagi tetap di detail / sunting
    Mohon di jawab πŸ™

    BalasHapus